Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripiskan aktivitas peserta didik dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mendeskripiskan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (3) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (4) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran dilaksanakan IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam satu siklus, siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran: (a) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,64 dengan kriteria baik, (b) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 3,75 dengan kriteria baik, (c) Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 3,67 dengan kriteria baik. (2) Meningkatkan hasil belajar: (a) Pra siklus memperoleh rata-rata 58,15 dengan persentase 18,5%, (b) Siklus I memperoleh rata-rata 86,30 dengan persentase 100%.
Copyrights © 2023