Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif tipe Learning Together terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris Paket C di PKBM Walidayna. Rendahnya hasil penilaian siswa Paket C di PKBM Walidayna menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dua kelas, masing-masing dengan tiga puluh dan dua puluh tujuh siswa, digunakan sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini. Kelas kontrol juga disertakan, dan dipilih secara acak. SPSS versi 23 digunakan untuk pengujian dalam rangka pengumpulan data. Uji reliabilitas dan validitas digunakan dalam prosedur pengelolaan data. Untuk uji linearitas, homogenitas, normalitas, dan regresi linier berganda dalam analisis data. Temuan penelitian Setelah melakukan Uji Regresi Linier Berganda untuk kedua kelas dan memperoleh hasil 0,002 < 0,05, hasil uji hipotesis untuk pengaruh ini dievaluasi, dan ha diterima dan ho ditolak. 36% hasil pembelajaran dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran kolaboratif Belajar Bersama, sedangkan faktor-faktor lain menyumbang 64% variasi hasil pembelajaran Bahasa Inggris lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024