Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol. 4 No. 2 (2023): November

Does the Merdeka Curriculum Potentially Integrate with the Cambridge Curriculum? Perspective Through Physics Subject

Dinurrohmah, Syayidah (Unknown)
Nur Pratomo, Eri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Reformasi kurikulum di Indonesia mempertimbangkan setiap kegiatan mata pelajaran dalam kaitannya dengan masyarakat dan ekonomi. Transformasi ini secara eksplisit terkait dengan kurikulum Cambridge sebagai kurikulum yang paling banyak digunakan di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemungkinan mengintegrasikan kurikulum Merdeka dengan kurikulum Cambridge sesuai dengan mata pelajaran fisika di tingkat SMA. Penelitian kualitatif dan metode analisis isi secara purposif digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang kemungkinan mengintegrasikan kedua kurikulum. Berdasarkan kerangka kurikulum, keduanya saling berkaitan satu sama lain, kecuali poin " Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia " dalam kurikulum Merdeka yang tidak berkaitan dengan kerangka kurikulum Cambridge. Analisis lebih lanjut dilakukan dalam buku pelajaran fisika untuk sekolah menengah atas dan A level, mendapatkan hasil bahwa secara keseluruhan kedua kurikulum memiliki materi yang sama untuk diajarkan dan alur aktivitas siswa pada buku tersebut. Namun, tampilan buku ajar berdasarkan kurikulum Merdeka tidak semenarik di buku ajar Cambridge, karena pada buku ajar Cambridge memberikan lebih banyak contoh melalui gambar berwarna atau praktikum sederhana. Kurikulum Merdeka dan kurikulum Cambridge memiliki potensi untuk diintegrasikan. Mengingat pengintegrasian kurikulum membutuhkan banyak alokasi waktu, keuangan, dan sumber daya manusia, maka diperlukan analisis yang lebih dalam terhadap aspek-aspek lain dari kurikulum, termasuk perspektif siswa atau guru terhadap kurikulum integrasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...