PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol. 2 No. 2 (2024): MEI

HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN STRATIFIKASI SOSIAL LINGKUNGAN GANG REJEKI DESA TELUK LINGGA SANGATTA UTARA

Yasin, Muhammad (Unknown)
Rawi, Ahmad (Unknown)
Nurminah, Nurminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Kehidupan masyarakat seringkali terdapat perbedaan hierarki yang berbagai macam, biasanya dari adanya perbedaan kondisi geogreafis, ras, politik, agama serta ekonomi, hlalu timbul juga perbedaan yang meyebabkan kesenjanagn dan tingkat interaksi sosial yang diakibatkan pendidikan yang semakin akut di masyarakat. Salah satu sumber utama stratafikasi sosial adalah pendidikan. Sebagaimana seharusnya pendidikan yang sudah jelas dan potensi fungsi dan tujuan dapat menjadikan siswa menjadi dewasa, atau mengenali diri dan pendidikannya seharusnya menjadi alat untuk meningkatkan status sosial masyarakat bukan sebaliknya. Oleh karena itu peneliti berupaya menyuguhkan hasil riset tentang bagaimana hubungan pendidikan dan stratifikasi sosial serta dampaknya terhadap pendidikan khususnya di gang rejeki dan teluk limgga sanggata utara. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam studi penelitian lapangan. Dan dari hasil penelitian didapati bahwa Apapun perbedaan tingkat pendidikan ataupun tingkat strata sosial dalam kehidupan bermasyarakat semuanya tetap menjalin hubungan sosial yang baik di dalam lingkungannya. Status sosial seseorang memiliki korelasi pada pendidikan. Stratifikasi sosial juga memegang peranan penting dalam penentuan tingkat pendidikan yang akan ditempuh. Di dukung oleh latar belakang ekonomi sosial yang memadai memberikan peluang besar untuk seseorang dalam pertumbuhan dan proses belajarnya. Tidak dapat dipungkiri jika proses belajar juga membutuhkan sarana dan prasarana untuk mempermudah kegiatan belajar seseorang. Sehingga peningkatan prestasi belajar bisa dipengaruhi dari tingkat ekonomi keluarga.Lembaga pendidikan disetiap daerah harus mendata sekolah sekolah yang ada disektitar untuk mengetahui sarana dan prasarana yang kurang dan perlu ditambah jumlahnya atau direnovasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...