Penelitian ini membahas peran guru di MIN 1 Teluk Lingga Kutai Timur dengan fokus pada pembentukan karakter siswa dan keterlibatan mereka dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan observasi, lokasi dan subjek penelitian, wawancara sistematis dan semi terstruktur, serta berbagai literatur dari beberapa penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembentukan karakter siswa sangat signifikan dengan praktik yang mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dalam kurikulum dan kegiatan sekolah. Selain itu, keterlibatan guru dalam masyarakat juga terlihat dari partisipasi mereka dalam kegiatan sosial dan keagamaan di lingkungan sekitar. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mendukung peran guru sebagai pendidik moral dan pemimpin komunitas untuk membentuk generasi yang berkualitas dan membangun masyarakat yang berdaya. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang peran guru di sekolah dan masyarakat serta memberikan wawasan tentang bagaimana guru dapat menjadi agen perubahan yang efektif.
Copyrights © 2024