Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui upaya guru di SDN Sirnagalih 02 dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda. Rancangan penelitian yang dilaksanakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sebanyak 47 anak kelas V SDN Sirnagalih 02 Bogor, pada tahun pelajaran 2022–2023. Persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi adalah empat tahapan proyek dalam PTK. Penelitian ini terbagi ke dalam dua siklus yang terdiri dari, siklus pertama dan kedua. Terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklusnya guna diteruskan pada siklus selanjutnya sampai mencapai hasil yang diinginkan. Teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum diterapkannya model ini, diketahui bahwasanya hasil belajar IPA memiliki persentase yang rendah yaitu hanya sebesar 29.78%. Sementara itu, setelah diterapkan model ini, hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sirnagalih 02 meningkat secara signifikan. Adapun pada siklus I memperoleh persentase sejumlah 44.68% dengan 21 dari 47 siswa yang melampaui nilai rerata di kelas. Adapun pada siklus II memperoleh persentase sejumlah 97.87% dengan 46 dari 47 siswa yang melampaui nilai rerata di kelas V SDN Sirnagalih 02.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023