Kompetensi
Vol 16 No 2 (2023): Kompetensi

Problem Based Learning dalam Pembelajaran Trigonometri

Arnila, Bunga (Unknown)
Khotimah, Husnul (Unknown)
Lipiantanna, Sella (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk membuat peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui penerapan model PBL pada siswa X-6 SMA Negeri 7 Balikpapan.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan sebagai jenis penelitian dengan 2 siklus tindakan. Agar memenuhi kaedah penelitian maka digunakan berbagai teknik pengambilan data diantaranya observasi, dokumentasi dan tes. Setelah menerapkan model PBL diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran siswa X-6 SMA Negeri 7 Balikpapan pada materi trigonometri dimana nilai hasil tes awal yaitu 59,31% meningkat pada nilai tes siklus I yaitu 64,33%, selanjutnya meningkat kembali pada tes siklus II yaitu 85,14%. Peningkatan tersebut juga terjadi pada ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada tes awal yaitu 11,11% kemudian pada siklus I menjadi 30,56 % dan selanjutnya pada siklus II sebesar 86,11%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...