Kompetensi
Vol 16 No 2 (2023): Kompetensi

ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI POJOK BACA PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN 2 PECANGAAN WETAN

Khan, Sinta Jay (Unknown)
Zumrotun, Erna (Unknown)
Widiyono, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Literasi adalah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap individu dalam era globalisasi ini. Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan keterampilan literasi di sekolah yaitu dengan mengembangkan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pojok baca dalam Program Kampus Mengajar di SDN 2 Pecangaan Wetan dapat berkontribusi dalam meningkatkan literasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran kuesioner di kelas 5, dan pre-test dan post-test AKM Kelas 5. Gerakan literasi sekolah SDN 2 Pecangaan dilakukan melalui 3 tahap yaitu, tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Dengan program Liner (Literacy Corner) yang ditata dan didekorasi semenarik mungkin dan berbagai koleksi buku anak yang menarik. Terbukti dengan hasil penyebaran kuesioner dari 32 peserta didik, 22 diantaranya merasa terbantu dan lebih gemar membaca setelah adanya pojok baca. Selain itu, hasil post-test AKM Kelas yang meningkat dengan hasil literasi 83%. Pelaksanaan post-test peserta didik mengalami peningkatan kemampuan literasi sebanyak 28% dari pelaksanaan pre-test yang hanya mendapat hasil 55% saja. Kemampuan literasi peserta didik dapat meningkat dengan upaya pembiasan membaca yang dibangun sejak dini serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...