Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 2, No 2 (2023): Edisi November

PEMBERIAN PELAJARAN TAMBAHAN UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN SISWA AKIBAT COVID-19 DI DAERAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA

Afdal, Afdal (Unknown)
Tunru, Andi Alif (Unknown)
Luther, Dolyansen (Unknown)
Hendro, Hendro (Unknown)
Nugroho, Tri Cahyo (Unknown)
Muhdar, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

COVID-19telah berdampak pada dunia pendidikan, termasuk di Kabupaten Malinau khususnya di SDN 002 Bahau Hulu, SDN 002 Kayan Hulu dan SDN 004 Pujungan. Kurang lebih dua tahun lamanya tertinggal pelajaran karena tidak ke sekolah siswa, sehingga kami melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelajaran tambahan pada siswa yang terkena dampak Covid-19. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelajaran tambahan bagi siswa serta siswa dapat beraktivitas kembali seperti biasa sehingga pembinaan karakter kepada siswa dapat dikembangkan kembali. Karena mengintegrasikan karakter siswa dengan cara berani sangatlah sulit untuk diwujudkan. Metode yang digunakan adalah bimbingan langsung ke siswa dengan menerapkan metode berupa permainan dan pengganti peran. Kegiatan ini kami lakukan setiap sepulang sekolah dengan melihat kondisi siswa. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah dengan melalui pelajaran tambahan maka siswa yang tadinya tidak bisa membaca akhirnya bisa membaca. Siswa yang tadinya tidak lancer berhitung akhirnya sudah mampu berhitung. Siswa yang tadinya tidak memahami materi pelajaran dalam sebuah wacana akhirnya dapat memahaminya. K ata Kunci : Daerah perbatasan, Ketertinggalan, Pelajaran tambahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

absa

Publisher

Subject

Education

Description

JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat adalah jurnal untuk publikasi artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. JPPM terbit dua kali dalam setahun, yaitu April dan ...