Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX di SMP Negeri 1 Setu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 234 siswa dengan jumlah sampel 148 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Setu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala likert, data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar kelas IX pada mata pelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Setu. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,065 lebih besar dari ttabel adalah 1,9701 pada taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2024