Science And Education Journal (SNEJ)
Vol 2 No 3 (2024): Science and Education Journal (SNEJ)

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SETU

Amelia, Novi (Unknown)
Annisa, Chientya Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX di SMP Negeri 1 Setu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 234 siswa dengan jumlah sampel 148 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Setu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala likert, data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar kelas IX pada mata pelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Setu. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,065 lebih besar dari ttabel adalah 1,9701 pada taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snej

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Science and Education Journal ( SNEJ ) e-ISSN 3021-7687 P-ISSN 2988-5396 is a peer-reviewed journal published by Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil ...