Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 4 SMAN 9 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dirancang dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 4 Semester II tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian adalah hasil peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi setelah penerapan model Problem Based Learning. Data penelitian adalah hasil lembar observasi mengenai keaktifan dan motivasi belajar siswa. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 78,82% meningkat pada siklus II sebesar 93,26%. Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 53,45% meningkat pada siklus II sebesar 91,49%. Terbukti Bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi.
Copyrights © 2023