Batakarang
Vol. 5 No. 1a (2024)

MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA NEW NORMAL (PASCA PANDEMIC COVID-19) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 5 KUPANG: MOTIVATION AND CREATIVITY LEARNING TO INCREASING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE NEW NORMAL TIME (POST PANDEMIC COVID-19) IN SMKN 5 KUPANG

Mareny Martha Fuy (Unknown)
Asrial (Unknown)
Roly Edyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Dilaksanakan di SMK Negeri 5 Kota Kupang dengan populasi siswa kelas 10, 11, dan 12 dengan jumlah sampel sebesar 156 orang responden, pengumpulan data adalah kuesioner yang dikembangkan dari variabel 1) Motivasi Belajar, 2) Kreativitas Belajar, dan 3) Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan pengujian regresi berganda dengan analisis uji F dan uji T sebagai berikut 1). Uji Regresi menunjukkan bahwa hasil hipotesis pertama diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,004 < 0,05 dan t hitung 2,890 > t tabel 1,975, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 di terima yang berarti terdapat pengaruh X1(Motivasi Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar). 2). Dari hasil analisis regresi berganda penelitian ini tidak sesuai dengan hipotesis kedua yang diajukan, dimana adanya pengaruh Kreativitas Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y). Hal ini di dukung dengan hasil analisis dimana diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,119 > 0,05 dan t hitung 1,569 < t tabel 1,975, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh X2 (Kreativitas Belajar) terhadap Y. 3). Diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah 0,004 < 0,05 dan nilai f-hitung 5,712 > f tabel 3,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 (Motivasi Belajar) dan X2 (Kreativitas Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

batakarang

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Batakarang Pendidikan Teknik Bangunan (Jurang PTB) adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana. Jurnal Batakarang PTB merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan, pendidikan teknik bangunan, ...