Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Dilaksanakan di SMK Negeri 5 Kota Kupang dengan populasi siswa kelas 10, 11, dan 12 dengan jumlah sampel sebesar 156 orang responden, pengumpulan data adalah kuesioner yang dikembangkan dari variabel 1) Motivasi Belajar, 2) Kreativitas Belajar, dan 3) Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan pengujian regresi berganda dengan analisis uji F dan uji T sebagai berikut 1). Uji Regresi menunjukkan bahwa hasil hipotesis pertama diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,004 < 0,05 dan t hitung 2,890 > t tabel 1,975, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 di terima yang berarti terdapat pengaruh X1(Motivasi Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar). 2). Dari hasil analisis regresi berganda penelitian ini tidak sesuai dengan hipotesis kedua yang diajukan, dimana adanya pengaruh Kreativitas Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y). Hal ini di dukung dengan hasil analisis dimana diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,119 > 0,05 dan t hitung 1,569 < t tabel 1,975, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh X2 (Kreativitas Belajar) terhadap Y. 3). Diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah 0,004 < 0,05 dan nilai f-hitung 5,712 > f tabel 3,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 (Motivasi Belajar) dan X2 (Kreativitas Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar).
Copyrights © 2024