Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap minat dan prestasi hasil belajar siswa SMK Karya Kupang Jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan. Populasi penelitian ini adalah siswa Jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan SMK Karya Kupang, teknik sampling dengan stratified random sampling, dan sampel yang digunakan sebanyak 39 siswa yang tersebar di program keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 29 atau 74,3% siswa dengan pengaruh pembelajaran online dalam kategori sangat tinggi, sedangkan sisanya masing-masing 5 siswa atau 12,8% termasuk kategori tinggi dan rendah. Demikian juga dengan minat belajar siswa menunjukkan ada 24 siswa atau 61,5%, sedangkan sisanya 14 siswa atau 35,8% tinggi, dan 1 orang atau 2,5% tergolong rendah. Sedangkan prstasi belajar menunjukkan terdapat 35 siswa atau 89,8% pada kategori sangat tinggi, sedangkan sisanya ada 4 siswa atau 10,2% kategori tinggi. Hasil penelitian tentang pengaruh pembelajaran online terhadap minat dan prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variable pembelajaran online terhadap minat dan prestasi belajar siswa. Hasil ini bermakna bahwa semakin baik pelaksanaan pembelajaran maka akan semakin baik pula dalam menunjang minat dan prestasi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024