Permasalahan mitra adalah kurang kemampuan dan pemahaman pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Huda dalam memahami perubahan kurikulum merdeka belajar berdampak pada ketidaktepatan penyusunan modul ajar dan proyek profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin (P2-PPRA) yang sesuai dengan kurikulum perubahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kreativitas siswa di MIS Al Huda, Kecamatan Hinai bagi guru MIS AL Huda. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam tiga tahap yaitu pertama, Tahap Perencanaan atau Persiapan: Pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah, pengumpulan informasi, dan penyusunan rencana kegiatan yang matang. Kedua, Tahap Pelaksanaan: Kegiatan ini melibatkan pelatihan dan workshop untuk guru-guru di MIS Al Huda agar mereka dapat memahami dan mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik. Ketiga, Tahap Evaluasi yaitu Setelah pelaksanaan, dilakukan evaluasi untuk mengukur dampak dan efektivitas kegiatan yang telah dilakukan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya dampak positif dalam peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum merdeka di MIS Al Huda, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat. Kegiatan ini membantu mengatasi masalah yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum merdeka, terutama dalam peningkatan pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan menyusun struktur kurikulum merdeka, penyusunan modul ajar, pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan penilaian dalam kurikulum merdeka. Peningkatan kreativitas siswa juga terbukti dari adanya prestasi dalam belajar yang menjadi tolak ukur utama untuk mengetahui keberhasilan dalam proses pembelajaran. Keberhasilan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran, tingkat pemahaman materi, dan prestasi belajar siswa merupakan indikator penting dalam mengukur efektivitas proses belajar mengajar.
Copyrights © 2024