Penelitian ini berupaya memberikan data terkini, menilai, dan merangkum metode analisis paling berhasil untuk meningkatkank keterampilan membaca teks puisi siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini mengaplikasikan metodologi kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Langkah-langkah penelitian meliputi mengumpulkan artikel, mengorganisasi artikel, pembahasan, debat, dan membuat simpulan. Data penelitian bersumber dari artikel yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir (2014-2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 artikel dengan variasi jumlah artikel tiap tahun: 8 (2014), 2 (2015), 3 (2016), 4 (2017), 4 (2018), 3 (2019), 1 (2020), 1 (2021), 2 (2022), dan 2 (2023). Kumpulan artikel di atas seluruhnya berhasil meningkatkan keterampilan membaca puisi di SMP dengan dua siklus. Dominasi subjekkyang dipilih dalam PTK ini pada siswaa kelas VII SMP. Model yangg sering dipakai dan berhasil adalah metode pemodelan. Selain itu, 30 artikel ini hampir semuanya menggunakan instrumen tes dan nontes. Untuk itu sebagai pendidik kita harus memerhatikan berbagai faktor, antara lain model pembelajaran, penyampaian pengajar, dan keterampilan atau kemampuan siswa. This research seeks to provide the latest data, assess and summarize the most successful analytical methods for improving junior high school students' poetry text reading skills. This research applies qualitative methodology with a literature review approach. Research steps include collecting articles, organizing articles, discussion, debate, and drawing conclusions. Research data comes from articles published in the last ten years (2014-2024). The research results showed that there were 30 articles with variations in the number of articles each year: 8 (2014), 2 (2015), 3 (2016), 4 (2017), 4 (2018), 3 (2019), 1 (2020), 1 ( 2021), 2 (2022), and 2 (2023). The collection of articles above has all succeeded in improving poetry reading skills in junior high school in two cycles. The dominance of the subjects chosen in this PTK is for class VII junior high school students. The model that is often used and successful is the modeling method. In addition, almost all of these 30 articles use test and non-test instruments. For this reason, as educators, we must pay attention to various factors, including learning models, teacher delivery, and students' skills or abilities.
Copyrights © 2024