JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2024): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Korelasi Antara Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TSM di SMK N 1 Padang Gelugur

Meyuline, Chintya (Unknown)
Maksum, Hasan (Unknown)
Rifdarmon, Rifdarmon (Unknown)
Saputra, Hendra Dani (Unknown)
Alam Kasuma, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2024

Abstract

Temuan rendahnya prestasi belajar di SMK Negeri 1 Padang Gelugur, menjadi salah satu faktornya adalah kurangnya kedisiplinan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara tingkat kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Dari 73 orang siswa kelas XI TSM di SMK N 1 Padang Gelugur, dengan menggunakan Teknik simple random sampling diambil sampel sebanyak 42 orang. Data dikumpulkan melalui angket tentang disiplin belajar siswa dan dokumentasi nilai ujian. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa sebesar 0,670 dengan kekuatan korelasi kuat. Implikasi temuan ini adalah pentingnya meningkatkan kedisiplinan belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi hubungan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa.  One of the reasons for the low learning achievement at SMK Negeri 1 Padang Gelugur is a lack of discipline in learning. This study aims to investigate the relationship between the level of learning discipline and student achievement. The research method used is quantitative with a correlational research design. From 73 class XI TSM students at SMK N 1 Padang Gelugur, using a simple random sampling technique, 42 people were sampled. Data was collected through questionnaires on student learning discipline and documentation of test scores. The results of the data analysis showed a significant relationship between learning discipline and student achievement of 0.670 with a strong correlation. The implication of these findings is the importance of improving student learning discipline to improve their learning achievement. Suggestions for future research are to explore other factors that might influence the relationship between learning discipline and student achievement.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...