Ketiadaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pendidikan menghambat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bermaksud untuk membuat sebuah media video yang dapat membantu para pendidik dalam meningkatkan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa film instruksional merupakan pilihan yang optimal untuk diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung oleh, uji praktikalitas kepada peserta didik mendapatkan persentase 85% dengan kategori “Praktis”. Dengan jumlah populasi sebanyak 87 orang dan sampel keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 87 orang. Dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan dapat dikategorikan valid dan praktis. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran, dan diharapkan dapat membantu pendidik dan peserta didik agar dapat secara mandiri menguasai materi pembelajaran. The implementation of learning that still uses the lecture method and the lack of use of learning media causes students to have difficulty in understanding the material taught, this study aims to develop a video media that can help educators improve the effectiveness of the learning process. This research uses the Research and Development (R&D) method by applying the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The results showed that learning videos are the right choice to use in the learning process. This is supported by the practicality test on students getting a percentage of 85% in the "Practical" category. With a population of 87 people and a total sample of the population of 87 people. It can be concluded that the learning videos developed can be categorized as valid and practical. So that they can be used in learning, and it is hoped that they can help educators and students to independently master the learning material.
Copyrights © 2024