Penelitian Tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran snowball throwing. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 1 Padang, semester 2 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian di ambil dengan melakukan tes dan teknik observasi. Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar. Pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) di SMK Negeri 1 Padang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I sebesar 43,33% menjadi meningkat sebesar 86,67% pada siklus II. Classroom Action Research was conducted to determine the level of activity and learning outcomes of students after using the snowball throwing learning method. The subjects in this research were students in class XI TKR B of SMK Negeri 1 Padang, semester 2 of the 2023/2024 academic year, totaling 30 students. The sampling technique uses purposive sampling technique. Research data was taken by carrying out tests and observation techniques. Using the Snowball Throwing learning model can improve learning outcomes. In the subject of chassis maintenance and light vehicle power transfer at SMK Negeri 1 Padang. The research results showed an increase in the completeness score of students' learning outcomes in cycle I by 43.33% up to 86.67% in cycle II.
Copyrights © 2024