Dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi denganScience Technology Engineering and Mathematics (STEM) perlu disiapkan komponenpendukung bahan ajar yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritismahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Kontribusi mendasar dari penelitian ini,yakni meningkatkan aktivitas pembelajaran mahasiswa, belajar menemukan melalui referensi,mengulas artikel ilmiah, mampu bekerjasama, dan meningkatkan kognitif mahasiswa. Melaluipenelitian ini juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswamelalui penemuan mandiri, serta mampu menyusun hasil temuan menjadi bahan ajar. Melatihsoft skill pada pembuatan energi baru terbarukan yaitu briket dari kulit pinang. Pemilihan kulitpinang ini dikarenakan di kabupaten Tanjung Jabung Timur banyak limbah kulit pinang yangtak termanfaatkan. Instrumen yang digunakan pada penelitian, yakni berupa lembarobservasi, wawancara dan lembar kerja mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telahdilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sesuai tujuan penelitian ini, diantaranya:Pembelajaran berbasis proyek memberikan nilai yang baik mata kuliah Teknologi Energi BaruTerbarukan di Program Studi DIII Kimia Industri yang ditunjukkan dengan nilai persentasedalam kategori baik, yakni 77,97; 75,74; 71,25; 78,98; 73,45; 79,21%; perangkatpembelajaran Teknologi Energi Baru Terbarukan yang dikembangkan sudah sesuai untukditerapkan pada pembelajaran berbasis proyek; pengembangan perangkat pembelajaranTeknologi Energi Baru Terbarukan berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikirmahasiswa, hal ini dibuktikan dengan hasil pencapaian sains, teknologi, rekayasa danmatematika yang sangat mendukung proyek ini
Copyrights © 2023