Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen sebagai strategidalam mempertahankan produk olahan bakso. Metode penelitian melibatkan survei kepadakonsumen dengan melakukan wawancara dan memberikan beberapa pertanyaan yangmencakup aspek kepuasan terhadap kualitas produk, cita rasa, pelayanan, harga, dan atributlainnya. Sampel penelitian terdiri dari konsumen yang secara aktif membeli produk bakso.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen terhadap produk bakso dipengaruhioleh kualitas produk yang melibatkan rasa, tekstur, dan bahan baku. Faktor pelayanan,termasuk kecepatan layanan dan keramahan staf, juga memiliki dampak signifikan terhadaptingkat kepuasan konsumen. Selain itu, harga produk dan atribut tambahan seperti inovasiproduk juga sebagai peran penting dalam memengaruhi persepsi positif konsumen. Implikasitemuan ini dapat digunakan oleh produsen bakso untuk meningkatkan kualitas produk,pelayanan, dan manajemen harga guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitaskonsumen. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang preferensi konsumenterhadap produk olahan bakso, memberikan landasan bagi perusahaan untukmengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2023