Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 3 No. 2: Desember 2023

PERAN LITERASI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

Artia (Unknown)
Azra Dirda Wibowo (Unknown)
Cindra Hayu Pradani (Unknown)
Syafina Amalia Hanifan (Unknown)
Zanatin Naim Al Islami (Unknown)
Arita Marini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran literasi sosial dalam pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Literasi sosial adalah kemampuan individu untuk memahami, menginterpretasikan, dan berpartisipasi dalam aspek-aspek sosial masyarakat mereka. Dalam konteks pembelajaran IPS di SD, literasi sosial memainkan peran penting dalam memfasilitasi pemahaman anak-anak terhadap berbagai aspek kehidupan sosial, sejarah, budaya, dan geografi. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi Pustaka, Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sosial dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPS. pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan literasi sosial ke dalam kurikulum IPS di SD dapat memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan pemahaman sosial dan keterampilan kritis siswa. Oleh karena itu, mempromosikan literasi sosial dalam pembelajaran IPS di SD seharusnya menjadi fokus penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...