JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 3 No. 8: Maret 2024

ANALISIS PEMBERIAN PUNISHMENT PADA KARYAWAN CV. XYZ

Herman Herman (Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Ranat Mulia Pardede (Program Studi Akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Marina Lidya (Program Studi Akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pemberian hukuman kepada karyawan di CV. XYZ. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan sampel 5 karyawan dari total populasi sebanyak 25 orang. Analisis data dilakukan melalui pengorganisasian, pendeskripsian, sintesis, pemilihan, dan penarikan kesimpulan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian hukuman dilakukan secara tepat oleh manajemen, dengan penerapan punishment ringan seperti teguran lisan dan nasihat untuk pelanggaran seperti pembuatan catatan fiktif, ketidakbertanggungjawaban, penyelewengan uang, ketidakpatuhan terhadap nasabah, kurang disiplin, dan kelalaian dalam tugas. Hukuman sedang termasuk dalam bentuk pembinaan dan penonaktifan dari jabatan, tanpa penundaan promosi atau pengurangan peringkat. Tujuan dari pemberian sanksi ini adalah untuk secara jelas mengkomunikasikan perilaku yang diharapkan kepada karyawan dan konsekuensi yang akan dihadapi jika aturan perusahaan dilanggar. Dengan demikian, praktik pemberian hukuman di CV. XYZ bertujuan untuk mempertahankan disiplin dan integritas di lingkungan kerja serta memberikan pedoman yang jelas bagi karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...