Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Muhammadiyah Malang ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan media video pada siswa kelas 7E semester2 SMPN-18 Malang. Model penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini menggunakan dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian tindakan kelas pada menulis cerpen dengan menggunakan media video tentang kehidupan sosial, diperoleh hasil siklus I diperoleh bahwa presentase peserta didik yang SKM di bawah 75 dari 33 peserta didik 64%, sedangkan nilai presentasi peserta didik di atas 75 dari jumlah 33 peserta didik 36% maka peserta didik dinyatakan tuntas secara klasikal. Adapun siklus II diperoleh bahwa presentase peserta didik yang SKM di bawah 75 dari 33 peserta didik 6%, sedangkan nilai presentasi peserta didik di atas 75 dari jumlah 33 peserta didik 94% maka peserta didik dinyatakan tuntas dengan sangat baik secara klasikal. Kata Kunci: media video, menstimuli, pengembangan ide cerita, menulis cerpen
Copyrights © 2014