Keanekaragaman hayati saat ini hilang dengan kecepatan yang semakin meningkat. Langkah penting dalam konservasi keanekaragaman hayati adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan nilai dan pentingnya keanekaragaman hayati dan lingkungan. Citizen Science telah digunakan secara luas dalam ilmu lingkungan dan sangat populer dalam konteks terkait keanekaragaman hayati. Tujuan dari penelitian kajian literatur ini adalah untuk menjelaskan bagaimana potensi Citizen Science Project dalam meningkatkan kesadaran lingkungan melalui pembelajaran keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan metode systematic scoping review dan terdiri dari lima tahap yaitu pemilihan topik, pencarian literatur, seleksi literatur, penilaian literatur, serta analisis dan sintesis literatur. Hasil analisis artikel yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa sumber belajar yang sering digunakan dalam penelitian CSP yaitu media digital berupa platform citizen science. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Problem Based Learning dan model Inquiry. Ketika proyek citizen science ini diimplementasikan secara terkoordinasi di sekolah, hal ini dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa dan membangun fondasi pengetahuan yang berpotensi meningkatkan kesadaran lingkungan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024