Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap literasi lingkungan siswa kelas X di SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berupa kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan menggunakan instrumen berupa tes dan angket, yakni tes untuk pengetahuan dan kemampuan kognitif literasi lingkungan sedangkan angket untuk sikap dan perilaku terhadap lingkungan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Adapun uji prasyarat sebelum dilakukannya uji t yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan data terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu memperoleh nilai sig. 0.00<0.05, berdasarkan hal tersebut maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh metode outdoor learning terhadap literasi lingkungan siswa kelas X di SMAS TMI Roudlatul Qur’an Metro. Adapun hasil N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0.65, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0.29. Hasil N-Gain tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Perolehan perindikator literasi lingkungan pada pengetahuan, kemampuan kognitif, sikap, dan perilaku diperoleh kategori tinggi.
Copyrights © 2024