Didache : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Vol. 5 No. 2 (2024): Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen (Vol.5, No.2, June 2024)

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: Memperbaharui Pikiran untuk Meningkatkan Spiritualitas di Roma 12:2

Rangga, Okta (Unknown)
Bilo, Dyulius Thomas (Unknown)
Yuliana, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Information technology in various aspects of life has become inevitable in this digital era. In education, information technology has brought significant changes in learning methods and approaches. The development of information technology provides a great opportunity to renew minds and increase students' spirituality through the principles taught in the Bible, especially in Romans 12:2. This journal research was carried out using the literature study method, where the author analyzed data obtained from the latest books and journals that are relevant to this research topic. The use of digital platforms in the era of disruption has brought many innovative technologies that improve the educational process in schools. efficient. Christian Religious Learning Application: Use of mobile or web applications dedicated to Christian religious learning. This app can provide interactive learning materials, Bible verses, prayers, and other resources that facilitate understanding of the Christian religion. In the educational context, success in facing the challenges and competition in modern life is very dependent on the existence of education which can form individuals who have a holistic understanding of Science and Technology. Students who use information technology feel more motivated, their perspectives are open and they are enthusiastic about learning. Therefore, it is recommended for teachers and schools to utilize information technology in the learning process.   Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan telah menjadi hal yang tak terelakkan di era digital ini. Di bidang pendidikan, teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam metode dan pendekatan pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang besar untuk memperbaharui pikiran dan meningkatkan spiritualitas siswa sesuai dengan prinsip yang diajarkan dalam Alkitab, khususnya dalam Roma 12:2. Penelitian jurnal ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan, di mana penulis menganalisis data yang diperoleh dari buku-buku dan jurnal-jurnal terbaru yang relevan dengan topik penelitian ini.Pemanfaatan platform digital pada zaman disrupsi membawa sejumlah teknologi inovatif yang memungkinkan proses pendidikan di sekolah menjadi lebih efisien.Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen: Penggunaan aplikasi mobile atau web yang didedikasikan untuk pembelajaran agama Kristen. Aplikasi ini dapat menyediakan materi pembelajaran interaktif, ayat-ayat Alkitab, doa-doa, dan sumber daya lainnya yang memfasilitasi pemahaman agama Kristen. Di dalam konteks pendidikan, keberhasilan dalam menghadapi tantangan dan persaingan dalam kehidupan modern sangat bergantung pada eksistensi pendidikan yang mampu membentuk individu yang memiliki pemahaman yang holistik terhadap Sains dan Teknologi.Siswa yang menggunakan teknologi informasi merasa lebih termotivasi, perspektif terbuka mereka dan bersemangat untuk belajar. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan sekolah untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didache

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani (e-ISSN: 2715-2758) merupakan jurnal ilmiah teologi dengan perspektif Praktika Alkitabiah yang menjadi wadah ilmiah untuk jurnal akademik dengan multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ...