Penelitian ini difokuskan pada rancangan standar operasional prosedur perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah di Kota Sukabumi. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi SOP mekanisme awal pengadaan barang/jasa di Kota Sukabumi, dan perbaikan SOP yang sesuai dengan kebutuhan perencanaan pengadaan barang/jasa di Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis CATWOE untuk mengungkapkan secara jelas fenomena dalam implementasi SOP mekanisme awal perencanaan pengadaan barang/jasa di Kota Sukabumi. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi SOP mekanisme awal perencanaan pengadaan barang/jasa di Kota Sukabumi belum berjalan secara optimal berdasarkan variabel Edward III. Komunikasi belum optimal karena adanya perbedaan persepsi dan ketidakmampuan PA/PPK dalam memahami SOP, sumberdaya belum optimal karena PPK belum memiliki kompetensi teknis pengadaan barang/jasa sehingga PPK tidak memahami tahapan dalam SOP mekanisme awal pengadaan barang/jasa, Publikasi SOP belum didukung dengan sumber daya anggaran, dan SOP belum terpublikasi pada aplikasi SiCamperenik. Disposisi belum optimal karena kurangnya komitmen PA dan PPK untuk melaksanakan SOP. Struktur birokrasi belum optimal karena SOP belum dinamis dan berorientasi pada kebutuhan pengguna dan SOP belum sesuai dengan pedoman perencanaan pengadaan barang/jasa. Analisis menggunakan SSM menghasilkan rancangan perbaikan SOP perencanaan pengadaan barang/jasa. Hasil dari peneltian ini akan menjadi usulan kebijakan Kepala Daerah sehingga akan meningkatkan kualitas perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah di Kota Sukabumi.
Copyrights © 2024