Penelitian ini bertujuan menganalisis evaluasi strategi (mengidentifikasi faktor eksternal dan internal, mengukur kinerja, melakukan korektif) dalam meningkatkan kualitas layanan Pendidikan Islam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus untuk mengeksplorasi dan memahami makna informasi dari proses pengambilan langkah perbaikan evaluasi strategi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Majlis Tafsir Al Qur an (SMA MTA) Surakarta sebagai Islamic Boarding School. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Informasi yang diperoleh yaitu seputar proses pengambilan langkah mengidentifikasi faktor eksternal dan faktor internal dengan analisis SWOT, mengukur kinerja, dan melakukan koreksi untuk perbaikan mutu layanan. Informasi yang diperoleh dianalisa dengan langkah-langkah berikut, yaitu (a) mengolah dan mempersiapkan informasi untuk dianalisis; (b) membaca keseluruhan data; (c) mendeskripsikan setting (ranah), orang (partisipan), dan kategori yang dianalisis; (d) deskripsi disajikan dalam narasi/laporan kualitatif; dan (e) membuat interpretasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh ; 1) faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi peningkatan kualitas layanan pendidikan Islam diperoleh melalui; a) analisis kekuatan dan kelemahan (internal), seperti; sumber daya manusia, dimilikinya sarana prasarana, daya dukung yayasan, b) peluang/kesempatan dan ancaman (eksternal), seperti; berdirinya lembaga pendidikan baru, adanya dana BOS, jumlah kemitraan yang banyak, dst, 2) pengukuran kinerja, capaian kinerja di ukur dengan membandingan capaian dengan standar atau program yang telah ditetapkan, 3) melakukan koreksi untuk perbaikan, dilakukan dengan menggunakan kriteria ; konsisten, kelayakan, kesesuaian dan kemanfaatan. Dari hasil temuan tersebut, SMA MTA IBS sebagai Lembaga Pendidikan Islam hendaknya menerapkan manajemen strategik yang sistematis, konsisten, terprogram, komprehensif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2023