Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Vol 12, No 2 (2023): TURBO: Jurnal Program Studi Teknik Mesin

PENGARUH PERLAKUAN MEKANIKAL PADA PENGELASAN FRICTION STIR WELDING (FSW) ALUMINIUM AA2024-T3

pujono, pujono (Unknown)
Prabowo, Dian (Unknown)
Kurniawan, Ipung (Unknown)
Pribadi, Joko Setia (Unknown)
Yusuf, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

AbstrakAluminium merupakan salah satu jenis logam ringan yang banyak digunakan dan menjadi logam utama pada konstruksi alat transportasi. Aluminium paduan seri AA2024-T3 menjadi salah satu tipe yang banyak digunakan pada badan pesawat terbang. Hal ini karena paduan aluminium seri AA2024-T3 memiliki sifat mampu bentuk (formability) yang baik, tahan terhadap korosi dan memiliki berat yang ringan. Penggunaan paduan ini pada konstruksi yang memerlukan penyambungan las khususnya las MIG atau TIG, ternyata menghasilkan performa yang tidak baik karena menghasilkan porositas dan retak panas (hot cracking). Salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas hasil las pada AA2024-T3 adalah dengan melakukan pengelasan menggunakan metode friction stir welding (FSW). FSW merupakan pengelasan solid state yang tidak memerlukan bahan tambah, hemat energi dan ramah lingkungan. Permasalahan yang muncul pada hasil las FSW adalah adanya distorsi yang cukup besar dan menurunnya sifat mekanik hasil las. Oleh karena diperlukan perlakuan tambahan untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya adalah dengan memberikan perlakuan mekanik berupa rolling. Metode yang digunakan adalah memberikan perlakuan rolling pasca las FSW dengan beban 300 kg. Untuk mengetahui dampak dari pemberian perlakuan rolling maka dilakukan pengukuran distrosi, uji foto makro dan mikro, uji distribusi kekerasan dan pengujian kekuatan tarik. Kekuatan tarik tertinggi diperoleh pada spesimen mekanikal yaitu 334.6 MPa, sedangkan pada spesimen as welded diperoleh nilai tegangan tarik sebesar 333.5 MPa. Butiran mikro pada daerah las berbentuk fine grain equiaxed. Nilai distorsi dan distribusi antar kedua spesimen hampir serupa, dan nampaknya perlakuan rolling pasca las dengan beban 300 kg tidak memberikan dampak yang signifikan.Kata kunci : aluminium, rolling, friction stir welding, distorsi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

turbo

Publisher

Subject

Mechanical Engineering

Description

TURBO ISSN (print version) 2301-6663 & ISSN (online version) 2477-250X is a peer-reviewed journal that publishes scientific articles from the disciplines of mechanical engineering, which includes the field of study (peer) material, production and manufacturing, construction and energy conversion. ...