PRISMA
Vol 12, No 2 (2023): PRISMA

Analisis Proses Jawaban Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Siregar, R.Maisaroh Rezyekiyah (Unknown)
Saragih, Sahat (Unknown)
Napitupulu, E.E (Unknown)
Mulyono, Mulyono (Unknown)
Susandi, Aidil (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas X SMA yang berada di Kota Pariaman. Pendekatan yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X semester ganjil 2022/2023 sebanyak 20 orang yang ditentukan dengan purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data terdiri dari dua bagian: tes tertulis dan wawancara. Tes tulisan digunakan dalam pengukuran kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara dilaksanakan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan detail tentang kemampuan komunikasi matematis siswa. Menurut analisis peneliti, taraf kesuksesan keterampilan komunikasi siswa pada indikator pertama berada pada level sedang yaitu sebesar 55%. Kemampuan siswa terhadap indikator kedua sebesar 32,5%, termasuk dalam level rendah dan pada indikator ketiga pencapain kemampuan siswa sebesar 30% berada di level rendah. Kesimpulan hasil wawancara terhadap siswa berkemampuan rendah, mendeskripsikan bahwa matematika suatu pelajaran yang sukar, jenuh, tidak asik, dan penuh hafalan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...