PRISMA
Vol 12, No 2 (2023): PRISMA

Systematic Literatur Review: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika

Zuliyanti, Putri (Unknown)
Novaliyosi, Novaliyosi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Motivasi belajar sangat berpengaruh dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Selain itu dengan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik juga akan membuat pemahaman konsep matematisnya baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 14 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari google scholar dan Sinta. Teknik analaisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik meta-sintesis yang bertujuan untuk menyimpulkan banyak informasi dari artikel yang didapat sehingga memiliki analisis yang baik.Sehingga dari artikel-artikel tersebut didapatkan hasil bahwa motivasi belajar matematika mempunyai peranan penting terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar matematika yang rendah akan berdampak pada pemahaman konsep matematisnya sehingga hal ini membuat hasil belajar yang didapat kurang maksimal. Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik disebabkan karena kebiasaan mereka yang hanya menghafal rumusnya saja sehingga mudah lupa dengan materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya. Selain itu disebabkan juga karena peserta didik masih kebingungan ketika menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...