Beranjak dari kondisi pembelajaran pada dunia pendidikan di sekolah dasar yang masih menggunakan buku teks sebagai media belajar bagi siswa di tengah gencarnya persaingan dan inovasi dari teknologi yang terus bermunculan maka dianggap perlu untuk menyediakan media pembelajaran bagi siswa yang lebih menyenangkan dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini diantaranya; (1) Menyediakan alternatif media pembelajaran bagi siswa untuk pengenalan peta menggunakan teknologi Augmented Reality. (2) Memberi inovasi bagi guru dalam pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran. Metode IMSDD (Interactive System Multimedia Design and Development) digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri 160 Maluku Tengah. Rancangan teknologi AR untuk pengenalan peta disesuaikan dengan materi dari kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga hanya menggunakan Peta Pulau Ambon dan Peta Desa Layeni sebagai objek dalam penelitian. Hasil implementasi dari sistem AR yang dirancang menunjukkan bahwa pengenalan terhadap Peta Pulau Ambon memberikan hasil yang baik, tetapi tidak optimal untuk Peta Desa Layeni. Akan tetapi diharapkan implementasi terhadap pengembangan teknologi augmented reality pada pengenalan peta dapat memberikan pengalaman digital yang menyenangkan bagi siswa dan guru dalam mendukung kegiatan pembelajaran serta memberikan hasil yang baik terhadap proses belajar siswa.
Copyrights © 2024