JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
Vol 9, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MEMBACA MODEL ADDIE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D UNTUK SISWA INKLUSI DI SMP NEGERI 1 TANGGULANGIN

Yanti, Evi April (Unknown)
Leksono, Ibut Priono (Unknown)
Rohman, Ujang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020.pasal 5 menyatakan.bahwa salah satu pemberian.fasilitas akomodasi yang layak.oleh Pemerintah adalah penyiapan.dan penyediaan Pendidik.dan Tenaga.Kependidikan bagi siswa penyandang disabilitas. SMP Negeri 1 Tanggulangin merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi dengan berbagai ketunaan. Keterbatasan tenaga pendidik dalam menerapkan media belajar membaca untuk siswa inklusi membuat proses belajar tidak berhasil khususnya bagi siswa penyandang tuna grahita. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi Media Belajar Membaca Berbasis Android Untuk Siswa Inklusi Menggunakan Software Unity 3D untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian. dan pengembangan model ADDIE (Analysis,.Design,,Development, Implementation.dan Evaluation). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritikan, saran, dan masukan ketika peneliti melakukan uji validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli desain serta wawancara peneliti kepada guru siswa inklusi dan siswa inklusi SMPN 1 Tanggulangin pada saat pengambilan data awal. Sedangkan data kuantitatif.diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli. desain, data uji coba kelompok kecil dan data uji coba kelompok besar, serta penilaian guru siswa inklusi ketika peneliti melakukan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media belajar membaca model ADDIE berbasis android menggunakan software unity 3D untuk siswa inklusi layak dan valid digunakan oleh siswa inklusi, sesuai dengan hasil penilaian.para ahli yaitu ahli materi yang memberikan penilaian 96,9%, ahli media memberikan skor 96,3%, dan ahli desain memberikan skor 95,5%; 2) Hasil respon dari siswa inklusi sebesar 96,6%,  orangtua siswa inklusi 97,3% serta guru pendamping sebesar 100% yang menyatakan bahwa media belajar sangat layak untuk digunakan dalam belajar membaca. Produk dari pengembangan ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan motivasi kepada siswa inklusi agar mereka mampu meningkatkan belajarnya dengan media yang interaktif dan komunikatif, serta untuk mempermudah guru pendamping dan orangtua siswa inklusi dalam membantu belajar siswa dirumah secara mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) e-ISSN: 2540 - 8984 was made to accommodate the results of scientific work in the form of research or papers are made in the form of journals, particularly the field of Information Technology. JIPI is a journal that is managed by the ...