Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan pendidikan Islam pada masa bani Umayyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan data pustaka (library research) dengan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat diketahui bahwa sistem pendidikan Islam masa Dinasti Umayyah tidak jauh berbeda dengan sistem pendidikan masa Khulafaurrasyidin. Salah satu faktor yang menyebabkan kurang pesatnya perkembangan ilmu pada zaman ini adalah pemerintahan bani Umayyah lebih membangun kekuatan pemerintahan/politik yang cenderung otoriter. Adapun ilmu – ilmu yang berkembang hanya ilmu naqliyah dan aqliah. Bentuk kelembagaan pendidikan meneruskan bentuk yang telah dikenal pada masa sebelumnya, serta istilah madrasah telah dikenal pada masa ini. Pemerintah tidak terlalu memberikan pengaruh yang besar dalam pendidikan. Hal ini terlihat dari watak pendidikan yang masih bersifat alami dan kultural. Namun tujuan pendidikan tidak terlepas dari membentuk dan mengembangkan manusia insan Kamil
Copyrights © 2023