Pada era 4.0, keterampilan komunikasi perlu dimiliki oleh setiap siswa. keterampilan berkomunikasi merupakan suatu kemampuan yang sangat dibutuhkan dan bersifat vital. Sebab, dengan keterampilan tersebut siswa akan dapat mengemukakan apa yang ingin disampaikan secara sistematis dan logis bahkan saat hendak mengemukakan gagasan, pendapat, keputusan atau ketika menghapi masalah. Keterampilan berkomunikasi dapat membuat siswa mudah menyampaikan apa yang ingin disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterampilan berkomunikasi siswa di kelas dengan menerapkan model pembelajaran NHT berbantuan media flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dicapai melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru harus mempersiapkan diri mereka sebelum kegiatan pembelajaran, termasuk memahami karakteristik siswa, membuat materi, membuat strategi pembelajaran, membuat prosedur evaluasi, dan menyiapkan segala perangkat pembelajaran. (2) Model pembelajaran NHT membantu siswa dalam aktif dan meningkatkan keterampilan komunkasi.
Copyrights © 2023