Indonesian Multidiscipline of Social Journal
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI SAMPANG KULON

Hasanah, Hasanah (Unknown)
Hunaeni, Nita (Unknown)
Rismawati, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan mengenai lemahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk memecahkan masalah penelitian mengenai apakah terdapat peningkatan yang  relevan antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar subtema hubungan antara mahluk hidup dalam ekosistem  di  kelas V  SD  Negeri Sampang kulon Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Tahun  Ajaran  2023/2024. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan adanya peningktan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran PjBL. Sebab, PjBL membuat siswa lebih fokus, aktif, dan mandiri dalam  menjalankan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa jadi lebih meningkat. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PJBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

amalinsani

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Amal Insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) merupakan sebuah Jurnal yang didedikasikan untuk memberi ruang kepada para peneliti, khususnya dosen dan guru untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang dihasilkan. Scope Jurnal Amal Insani adalah berbasis pada Multidiscipline meliputi; Ilmu ...