Indonesian Multidiscipline of Social Journal
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS IPA KELAS V SD

Suryati, Cicih (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)
Rostika, Rostika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini menguraikan pengaruh model Problem based learning (PBL) pada kemampuan literasi sains siswa kelas V di SDN Kampung Baru. Studi ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Pengumpulan data prestasi siswa dilakukan melalui skor pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan SPSS 26.0 untuk Windows. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam normalitas dan homogenitas antara kelompok kontrol dan eksperimental, keduanya menunjukkan distribusi normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan menggunakan dua sampel independen. Analisis tersebut mengindikasikan tingkat signifikansi kurang dari 0.05, mengarah pada penolakan H0 dan penerimaan H1, menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok eksperimental yang menerapkan model PBL dan kelompok kontrol yang tidak. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model PBL memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V di bidang IPA SDN Kampung Baru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

amalinsani

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Amal Insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) merupakan sebuah Jurnal yang didedikasikan untuk memberi ruang kepada para peneliti, khususnya dosen dan guru untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang dihasilkan. Scope Jurnal Amal Insani adalah berbasis pada Multidiscipline meliputi; Ilmu ...