JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 11 No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KAYU PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN POJOK 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI

Ulhaq, Dafa Laswar (Unknown)
Permana, Erwin Putera (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Develoment) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Pojok sedangkan instrumen pengumpulan data ini berupa observasi, angket dan soal tes lalu validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media ini yaitu (1) Kevalidan media pop up book memperoleh dari ahli media yaitu 86% dan ahli materi 94% kategori sangat valid dan layak digunakan dalam penelitian. (2) Kepraktisan media pop up book dari respon guru memperoleh 92% yang dapat respon positif dan sangat setuju untuk digunakan penelitian. Begitupun respon siswa saat uji coba terbatas dan luas dapat 81% dan 90% respon baik terhadap media. (3) Keefektifan media pop up book dalam ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 90% dan 80% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa media pop up book yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...