Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kompetensi pedagogik guru abad ke-21 dalam pemanfaatan media pembelajaran geografi di SMAN 1 Sape, Kabupaten Bima. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek-aspek penting kompetensi pedagogik, seperti pembelajaran berbasis kompetensi, penggunaan model pembelajaran vokasional, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta menilai kendala yang dihadapi oleh guru dalam pengembangan kompetensi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan aspek kompetensi pedagogik, termasuk penyusunan RPP, pemahaman karakteristik peserta didik, dan penggunaan media pembelajaran kontekstual, sangat penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran geografi. Namun, guru menghadapi kendala seperti kurangnya wawasan pedagogik, terbatasnya sarana-prasarana, dan kurangnya update penggunaan TIK. Meskipun demikian, penguasaan kompetensi pedagogik yang memadai dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan program pelatihan guru dan dukungan fasilitas untuk mengatasi kendala yang ada dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Sape.
Copyrights © 2024