Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor konkrit yang mendukung dan menghambat penyelenggaraan pelayanan perkotaan di Desa Pujananting Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru dan memberikan rekomendasi perbaikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas fisik seperti akses WiFi di sekitar kantor desa membantu masyarakat untuk mengatasi permasalahan jaringan seluler. Namun terdapat kekurangan seperti tidak adanya call center dan keterbatasan fasilitas lainnya antara lain tempat parkir, ruang tunggu yang nyaman dan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Penampilan aparatur yang bersih dan tertib serta sikapnya yang ramah dan sopan terbukti meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kota. Selain itu, pelatihan dan pengembangan profesional bagi karyawan sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan kinerjanya. Ciri-ciri lingkungan di lingkungan kantor desa yang tertata, mudah diakses, dan aman juga berkontribusi terhadap persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan. Berdasarkan temuan ini, kami merekomendasikan agar pemerintah daerah memperbaiki dan memperluas fasilitas fisik yang ada, menyediakan call center, melatih dan mengembangkan keterampilan staf, dan memastikan ketersediaan sumber daya pendukung yang memadai. Dengan memperhatikan hal-hal nyata tersebut, diharapkan kualitas pelayanan publik dapat meningkat, memenuhi harapan masyarakat, serta meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024