Sejauh ini pengelolaan standar pendidik belum optimal dikarenakan proses rekrutmen yang tidak selektif dan pengembangan kompetensi belum dilakukan dengan baik sehingga diperlukan langkah yang strategis dalam mengembangkannya terlebih dalam menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi yang membutuhkan langkah yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi regulasi standar pendidik berwawasan MBKM pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Kediri dan Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Data diperoleh dari keterangan pimpinan atau pemangku kebijakan secara lisan dan dokumentasi pengelolaan standar pendidik di PTKI Jawa Timur. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi regulasi standar pendidik berwawasan MBKM pada PTKI Jawa Timur dilaksanakan berdasarkan UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, dan implementasinya pada rekrutmen dosen dan pengembangan kompetensinya serta kualifikasi yang dapat menyelenggarakan program MBKM yang dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan guna memberikan gambaran utuh kesiapan dosen dalam memfasilitasi merdeka belajar.
Copyrights © 2023