Mutu pelayanan kesehatan bergantung pada pemenuhan kebutuhan masyarakat atau individu akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesional yang baik dan penggunaan sumber daya yang tepat, efisien dan efektif. Kebaruan penelitian ini adalah menyelidiki kualitas layanan medis yang diberikan kepada pasien di BPJS Kesehatan selama pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas pelayanan medis pasien BPJS di rumah sakit rujukan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini menggunakan survei deskriptif dengan jumlah responden 197 orang Instrumen ini menggunakan angket dan menggunakan uji t sampel independen untuk analisis data. Nilai keyakinan sig ditentukan berdasarkan kajian hasil uji Independent Sample T-test terhadap perbedaan mutu pelayanan medis dasar di puskesmas dan klinik. 0,000 (2-tailed) 0,05 maka nilai responsiveness sig. Jika 0,000 0,05 (kedua sisi), kedua H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan interpretasi klinis hasil pemeriksaan glukosa menggunakan tabung pengaktif bekuan darah (merah) dan tabung NaF (abu-abu) yang disimpan selama 6 dan 24 jam.
Copyrights © 2024