Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 13 No. 2 (2024): Juli 2024

Penerapan Pembejaran Berbasis Case Based Learning (CBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Memecahkan Masalah : Application of Case Based Learning (CBL) to Improve Analytical and Problem-Solving Skills

Adriani, Adriani (Unknown)
Musnandar, Endri (Unknown)
Elymaizar, Zulfa (Unknown)
Raguati, Raguati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan analisis dan memecahkan masalah  mahasiswa  dengan  sistem case based learning (CBL).   Sistem CBL bisa memotivasi mahasiswa meningkatkan kreativitas dan berinovasi dalam belajar mandiri. Sehingga mahasiswa memiliki kemampuan analisis yang baik dalam pemecahan skenario kasus. Penelitian dilakukan pada  kuliah Manajemen ternak perah untuk 1 kelas mahasiswa (39 orang). Pengamatan dilakukan  2 kali  yaitu pada  skenario kasus 1 dan 4. Dengan pengamatan terhadap inisiatif berpendapat, penguasaan materi,  lama waktu  berpendapat, kemampuan berkomunikasi, pemahaman kasus dan kemampuan pemecahan kasus. Data dianalisis dengan rataan, penjumlahan dan persentase. Hasil  penelitian menunjukan  bahwa  penerapan  pembelajaran CBL  pada  skenario kasus pertama  didapatkan hasil sebanyak 33,3% mahasiswa  belum berinisiatif dalam mengemukakan pendapat, penguasan materi hanya 43,6%, aktivitas interakasi 1-3 menit, kekampuan berkomunikasi 48,7%, kemampuan menganalisis skenario kasus 56,4% dari jumlah mahasiswa. Semenatra  untuk pemecahan skenario kasus ke 4 terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa  terutama  inisiatif menjadi 100%, penguasaan materi 95,9%,  aktivitas  interaksi diatas 3 menit, kemampuan berkomunikasi  94,4%, kemampuan menjawab 97,4% dan analisis skenario  100%. Kesimpulan dari penerapan pembejaran berbasis case  based  learning  (CBL) pada manajemen ternak perah ini  terjadi peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam  berdiskusi, mengemukakan pendapat dan menyelesaikan kasus dengan peningkatan kemampuan berkomunikasi dan pemahaman yang  lebih  baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of ...