Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas VIII semester ganjl di SMPIT Cahaya Bangsa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan pendekatan Saintific dalam setiap siklus pembelajaran.penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) yang menerpakan pembelajaran dalam tiga siklus.setiap siklus (siklus satu samapai siklus tiga) diupayakan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan penerapan PBL. Hasil belajar IPA materi struktu dan fungsi jaringan pada tumbuhan yang dihasilkan dari pretest dan posttest dikumpulkan sebagai data kemudian data tesrsebut diolah dengan menggunakan rumus N-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh N-gain siklus pertama sebesar 30% (rata-rata pretest 37,75 dan posttest 55,75), N-gain siklus kedua 66% (rata-rata pretest 34,0 dan posttest 74,5) dan N-gain siklus ketiga 70% (rata-rata pretest 30,00 dan posttest 79,50). Dilihat dari hasil analisa data, terjadi peningkatan presntasi nilai N-gain disetiap siklus. Ini menandakan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus dua dan siklus tiga. Jadi dapat dismpulkan bahwa model pembelajaran berbasis maslah (PBL) dengan pendekatan Saintific dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas VIII pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPIT Cahaya Bangsa Tahun Pelajaran 2021/2022 semester ganjil.
Copyrights © 2023