Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 32 Marinding dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 32 Marinding yang berjumlah 18 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Problem Based Learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPAS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa persentase dari hasil belajar IPAS pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan kuis interaktif dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 8 peserta didik atau 45% yang tuntas, pada siklus meningkat menjadi 9 peserta didik atau 50% yang tuntas belajar IPA dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 15 peserta didik atau 84% yang tuntas belajar. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu 84% dari seluruh peserta didik dengan KKM 70.
Copyrights © 2024