Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kab. Bone, sebanyak 23 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V, dilihat mulai prasiklus nilai ketuntasan 21.73% atau sebanyak 5 orang yang memperoleh nilai lebih dari KKM, kemudian meningkat di siklus I nilai ketuntasan 43,47% atau sebanyak 10 siswa. Pada siklus II mencapai 73,91% atau sebanyak 17 siswa yang memperoleh nilai lebih dari KKM. Maka dapat di hitung peningkatan penelitian hasil belajar tematik pada siklus I ke siklus II sebesar 30,44%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024