Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa melalui kegiatan Pa’Day di UPTD SD Negeri 258 Teddaopu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan bahwa pelaksanaan Pa’Day di sekolah dapat mengembangkan kemampuan berwirausaha siswa. Siswa akan terlibat secara aktif, kreatif dan inovatif dalam merencanakan dan melaksanakan tugasnya yang terkait Pa’Day. Siswa dapat belajar menciptakan ide baru, berinteraksi dengan pembeli, mengelola keuangan, dan menghadapi situasi yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Pa’Day efektif dalam menanamkan karakter, jiwa dan mental berwirausaha siswa. Dengan memahami kontirubusi positif kegiatan jual beli dalam membangun jiwa wirausaha siswa, maka penelitian ini memberikan pemahaman tentang pentingnya memasukkan kegiatan Pa’Day dalam kurikulum pendidikan dan diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan dan dalam membangun kebijakan pendidikan yang lebih efektif untuk menyiapkan siswa untuk menjadi wirausaha di masa depan
Copyrights © 2024