Global Journal Basic Education
Vol 3 No 2 (2024): Mei

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD INPRES EKASAPTA

Findiga Hermuttaqien, Bhakti Prima (Unknown)
Fatima, Siti (Unknown)
Lewar, Antonius Alowisius (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar PPKn materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan dan Konstitusi dan Norma di Masyarakat pada siswa kelas IV SD Inpres Ekasapta Kabupaten Flores Timur. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini, adalah 1 guru dan 24 siswa kelas IV SD Inpres Ekasapta. Fokus penelitian memiliki 2 aspek yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar PPKn. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan siswa berada pada kategori Cukup (C) dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi Baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I belum memenuhi KKM dengan siswa yang tuntas yaitu 11 siswa dengan presentase 45,83% dan meningkat pada siklus II dengan siswa yang tuntas yaitu 20 siswa dengan presentase 83,3%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...