Penelitian ini menelaah penerapan media pembelajaran smart book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 50 Tarawang. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan media pembelajaran smart book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 50 Tarawang dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data selama siklus I dan siklus II di kelas IV SDN 50 Tarawang hasil penelitian menunjukkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II menggunakan media smart book mengalami peningkatan. Aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup (C) dan siklus II dikategorikan baik (B). Serta terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA hal ini tidak terlepas dari perbaikan aktivitas guru dalam menerapkan media pembelajaran smart book dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang (K) dan siklus II meningkat sehingga berada pada kategori baik (B). Tercapainya nilai KKM yang telah ditetapkan untuk kelas IV SDN 50 Tarawang sehingga telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran smart book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 50 Tarawang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024