Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil dan motivasi belajar siswa sehingga prestasi yang hendak dicapai kurang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Problem Basec Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge yang berjumlah 22 siswa. Penulis menerapkan model Problem Basec Learning di kelas IV-B dengan instrumen penelitian menggunakan postest untuk mengukur hasil belajar siswa sedangkan hasil motivasi belajar diperoleh dari angket. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik analisis dekskiptif kuantitatif. Keberhasilan motivasi belajar pada siklus I yaitu menunjukkan nilai 76,92% dan pada siklus II yaitu 85,54%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I 85,36 dengan hasil persentase 81,82%. Pada siklus ke II memperoleh nilai rata-rata 91,82 dengan hasil persentase 90,91%. Adapun hasil penelitian yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024