Global Journal Basic Education
Vol 3 No 2 (2024): Mei

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV PADA KURIKULUM MERDEKA DI UPT SD INPRES 6/75 MANURUNGE

Amaliah, Amaliah (Unknown)
Yusuf, Faidah (Unknown)
Gusmawaty, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil dan motivasi belajar siswa sehingga prestasi yang hendak dicapai kurang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Problem Basec Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge yang berjumlah 22 siswa. Penulis menerapkan model Problem Basec Learning di kelas IV-B dengan instrumen penelitian menggunakan postest untuk mengukur hasil belajar siswa sedangkan hasil motivasi belajar diperoleh dari angket. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik analisis dekskiptif kuantitatif. Keberhasilan motivasi belajar pada siklus I yaitu menunjukkan nilai 76,92% dan pada siklus II yaitu 85,54%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I 85,36 dengan hasil persentase 81,82%. Pada siklus ke II memperoleh nilai rata-rata 91,82 dengan hasil persentase 90,91%. Adapun hasil penelitian yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...